meDia AuDio dAn AuDio visUaL

Minggu, 03 April 2011

1. MEDIA AUDIO
A. PENGERTIAN MEDIA AUDIO
Media audio berkaitan dengan indra pendengar,dimana pesan yang disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif,baik verbal maupun non verbal. Jadi media audio adalah media yang menggunakan mdia pendengaran.

B. Karakteristik Media Audio
a. Dapat didengar
b. Relatif mahal dibanding media terdahulu
c. Bersifat auditif
d. Bersifat linear

C. Kelebihan Dan Kelemahan Media Audio
a. Kelebihan media audio
Bisa meningkatkan kemampuan imajinasi siswa dalam hal yang bersifat abstrak

b. Kelemahan media audio
Hanya terjadi komunikasi satu arah,sehingga pada saat pemutaran ada siswa yang kurang mengerti ,maka tidak bisa mendengar lagi.

D. Contoh Media Audio
Media dengar dapat berupa:

1. RADIO
a. Pengertian
Radio merupakan media audio elektronik yang dapat menangkap suara dan gelmbang tertentu,sehingga informsi komunikasi dapat terjangkau oleh masyarakat dan mempunyai nilai prektis,adukatif,secara formal dan informal.

b. Nilai Radio Bagi Pendidikan
 Memberikan berita yang up to date
 Menarik minat
 Beritanya otentik
 Berdasarkan pada kenyataan
 Mempunyai tujuan yang luas

c. Langkah-langkah penggunaan radio dalam kelas:
• Langkah persiapan
Kegiatan persiapan sebelum mengikuti siaran perlu diadakan ileh guru bersma peserta didik.



• Langkah penerimaan
Guru dan peserta didik melakukan kegiatan mendengarkan siaran dengan seksama. Kegiatan guru membuat catatan-catatan,menulis kata yang baru atau kata yang sulit,mendamonstrasikan irama di papan tulisdan membuat satu tanda di peta.

• Langkah lanjutan
Merupakan bagian yang penting dalam pelajaran dengan radio. Kegiatan yang penting dalam kegiatan lanjutan adalah mengintegrasikan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dengan yang baru di peroleh melalui radio.

d. Kelebihan Dan Kekurangan Media Radio
• Kelebihan radio
 Siaran dapat menjangkau pendengar dalam waktu singkat
 Pendengar yang aktif dapat dipersiapkan
 Menambah ilmu pengetahuan,pengalaman,keterampilandsb
 Operasinya mudah,dimana saja,kemana pergi dapat informasi dan memasyarakat.
 Tidak terbatas ruang waktu
 Otentik,dalam radio pendidikan harus di lakukan orang-orang ahli dalam bidangnya serta metode penyampaiannya.
 Dapat merangsang partisipasi,aktif peserta didik
 Dapat menyaksikan dunia luar ke dalam kelas

• Kelemahan radio
 Tidak mampu menciptakan interaksi secara spontan
 Pendengar tidak dapat dikontrol keaktifan nya
 Siaran mudah terganggu oleh cuaca
 Rendahnya kemampuan memindah kan pesan –pesan yang sifatnya rumit
 Sifat komunikasi nya one way communication
 Feedback nya dari pendengar tidak ada

2. TAPE RECORDER
Tape recorder dapat digunakan untuk program instructional.program ini dapat di produksi , hasil nya sewaktu-waktu akan dibutuh kan , dapat di ulang kembali.
Kelebihan tape recorder:
 Dapat membantu peserta didik dalam memahami pelajaran
 Mengoperasikan nya lebih mudah dan telah memasyarakat
 Menambah motivasi belajar , punya daya pikat tersendiri
 Harga nya trejangkau (ekonomis )
 Tugas guru ringan , hanya sekali memprogram untuk waktu yang lama

• Kelemahan Tape Recorder
 Guru dituntut kreatif dalam memprogram pelajaran
 Memerlukan anggaran terencana
 Diperelukan keterampiolan khusus dalam menetapkan program pendidikan

3. KASET AUDIO
yang menarik bagi guru dalam menggunakan kaset audio sebagai media intruksional educatif adalah :
 Kaset audio merupakan rekaman suara yang memberikan fasilitas program pertukaran pendidkan melalui radio
 Perkembangan long paying recorder memungkin kan penyajian pelajaran yang lebih luas dan tidak terputus-putus dalam waktu yang cukup lama
 Perkembangan program radio pendidikan memungkinkan pemakaian rekaman

Manfaat Kaset Audio
 Rekaman yang ada dalam kaset audio dapat mengeliminasi problem,jadwal waktu yang terdapat pd radio
 Rekaman merupakan komunikasi dua arah
 Mengajar dengan rekaman dapat diadakan preheard dan penilaian yaitu dapat mempunyai kepastian untuk memutar dlm kelas
 Dapat digunakan berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan

4. LABORATORIUM BAHASA
Laboratorium bahasa adalah alat untuk melatih siswa mendengar dalam bahasa asing dengan jalan menyalikan materi pelajaran yang disiapkan sebelumnya. Siswa atau mahasiswa mendengarkan suara guru atau suara radio kaset melalui headphone.dengan demikian siswa dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuat nya .


2. MEDIA AUDIO VISUAL
1) Pengertian
Pembelajaran merupakan produksi dan pemanfaatan bahan yang berkaitan dengan pembelajaran melalui penglihatan dan pendengaran yang secara ekslusif tidak selalu harus selalu bergantung kepada pemahaman kata-kata dan simbol sejenis.



2) Karakteristik Media Audio Visual
 Dapat didengar
 Dapat di lihat
3) Cara Mengembangkan Media Audio Visual
 Identifikasi kebutuhan dan karakteristiknya
 Perumusan tujuan intruksional

Djamarah S.B, dkk, (1995:47) menyatakan bahwa sebagai alat bantu (media pembelajaran) dalam pendidikan dan pengajaran, media audio- visual mempunyai sifat sebagai berikut:
• Kemampuan untuk meningkatkan persepsi
• Kemampuan untuk meningkatkan pengertian
• Kemampuan untuk meningkatkan transfer (pengalihan) belajar.
•Kemampuan untuk memberikan penguatan (reinforcement0 atau pengetahuan hasil yang dicapai
• Kemampuan untuk meningkatkan retensi (ingatan)


4) Jenis-Jenis Media Audio Vsual
1. FILM GERAK BERSUARA
Film adalah alat yang ampuh untuk menyampaikan suatu maksud kepada masyarakat dan juga anak yang lebih banyak menggunakan aspek emosinya di banding aspek rasionalitasnya. Besarnya kegunaan media ini dapat pula dirasakan dalam dunia pendidikan. Munadi menekankan bahwa melalui media yang terlibat, dia menyimpulkan bahwa film adalah alat komonikasi yang dapat membantu proses pembelajaran efektif. Karena apa yang terpandang mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah di ingat dari pada apa yang dapat dibaca saja atau hanya di dengar saja.
2. VIDIO
Vidio maupun media film memiliki banyak kemiripan dalam segi karakteristiknya dan kelemahannya. Yakni mengatasi keterbatasan jarak dan waktu dan sangat kuat mempengaruhi emosi seseorang. Kelemahannya adalah sama-sama menekankan pentingnya materi dari prses pengembangan materi tersebut.
Dalam upaya pemanfaatan vidio dalam proses pembelajaran, hendaknya kita memperhatikan beberapa hal berikut :
a. Program vidio harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b. Guru harus mengenal program vidio yang ada dan memahami manfaatnya bagi pelajaran.
c. Sesudah program vidio di putar, harus diadakan diskusi agar siswa memahami bagaimana mencari pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan.
d. Perlu diadakan tes agar mampu mengukur berapa banyak informasi yang mereka tangkap dari program vidio tersebut.

3. TELEVISI
Televisi adalah media yang berupa sebagai gambar hidup dan juga sebagai radio yang dapat dilihat dan di dengar secara bersama. Selain itu, televisi juga dapat memberikan kejadian-kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi dengan disertai dengan komentar dari penyiarnya.
4. MEDIA TELEVISI SIARAN TERBATAS (TVST)
Kelebihan televisi siaran terbatas ini dibandingkan dengan televisi terbuka diantaranya adalah komunikasi dapat dilakukan secara dua arah (hubungan antara studio dan kelas dilakukan melalui intercom), kebutuhan pembelajaran dapat lebih diperhatikan dan terkontrol. Sedangkan kelemahanny adalah jangkauannya ralatif terbatas .
5. MULTIMEDIA
Pembelajaran dengan menggunakan multimedia untuk meningkatkan prestasi belajar pembelajar, namun bukan berarti dalam prakteknya tidak ada hambatan. Hambatan utama adalah disebabkan adanya kesalahan konsep yang terjasi ketika kelompok ahli menerangkan kembali ke kelompok asal. Kesalahan terutama terjadi pada materi pembelajaran yang bersifat abstrak.
Disamping itu, waktu yang diperlukan untuk proses pembelajaran menjadi relatif lebih lama. Seringkali waktu pembelajaran habis sebelum cakupan materi terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk menyempurnakan pendekatan pembelajaran ini. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan multimedia pembelajaran, CD interaktif yang berisikan materi-materi pembelejaran dianggap cukup memadai untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul pada proses pembelajaran.

6. KOMPUTER
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh pembelajar. Lebih dati itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesar saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. Dalam hal ini Heinich Molenda, & Russel (1996:228) mengemukakan bahwa :
Saat teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengilahan kata (word prosessor) tetapi juga sebagai sarana belajar multi media yang memungkinkan peserta didik membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengiptomalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengombinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media pembelajaran efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi pembelajaran yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.






REFERENSI
Ali Pandie,Imansjah.Didaktik Metodik.Surabaya : PT. Usaha Nasional.1984.
Arsyad,Azhar.Media Pengajaran.Jakarta:Raja Grafindo Prasada:1997
Aswarnir.Media Pembelajaran.Jakarta:Ciputat Press:2002
Mukhid, Abd,Media Pembelajaran.Pamekasan: STAIN Pamekasan Press.2009
Setiaji.Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran.Jakarta:Raja Grafindo Prasada:1994
Sudjana,Nana.Media Pengajaran.Surabaya : Pustaka dua.1978.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar